Sabtu, 23 Maret 2019

Jenis dan Macam-Macam Masalah Ekonomi Klasik

Tags

Jenis dan Macam-Macam Masalah Ekonomi Klasik - Apa sih yang dimaksud dengan masalah ekonomi?

Jenis dan Macam-Macam Masalah Ekonomi Klasik
infobudaya.net

Inti masalah ekonomi adalah kebutuhan manusia yang sifatnya tidak terbatas sedangkan benda pemuas kebutuhan manusia jumlahnya terbatas.

Dengan keadaan tersebut, manusia harus selalu berpikir mengenai cara memecahkan masalah atau keadaan tersebut dan harus selalu berusaha mencapai taraf kemakmuran, yaitu suatu keadaan yang seimbang antara kebutuhan dan benda pemuas kebutuhannya.

Masalah ekonomi ini disebabkan oleh kurangnya atau terbatasnya sumber daya ekonomi yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.

Sumber daya ekonomi tersebut bisa berasal dari sumber daya alam (SDA) maupun dari sumber daya manusia (SDM) yang dapat memberikan manfaat atau keuntungan (benefit), serta dapat diolah sebagai modal dasar dalam pembangunan ekonomi.

Dalam hal terbatasnya sumber daya ekonomi serta bagaimana cara mengelolanya, terdapat setidaknya tiga macam masalah ekonomi menurut pandangan ekonomi klasik yang harus dipecahkan oleh masyarakat, yaitu:


1. Masalah Produksi


Masalah produksi berkaitan erat dengan produk (barang dan jasa) apa yang akan diproduksi, kapan barang itu diproduksi, dan untuk siapa barang itu diproduksi.

Produksi sendiri merupakan kegiatan ekonomi yang bertujuan meningkatkan nilai guna suatu barang atau sebuah kegiatan membuat produk tertentu yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Dalam kegitan produksi, tidak terlepas dari cara menggunakan bahan mentah, peralatan, modal, tenaga kerja, dan teknologi.

Masalah inti yang sering dialami oleh produsen barang dan jasa adalah keterbatasan faktor produksi atau sumber daya yang digunakan untuk kegiatan produksi tersebut.

Untuk memproduksi suatu barang dan jasa, produsen mensyaratkan kepastian barang dan jasa apa yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Jangan sampai nanti, kita memproduksi banyak es batu pada musim hujan yang suasananya sangat dingin, tentu saja es batu yang kita produksi hanya sedikit yang membelinya atau bahkan tidak ada yang mau membelinya, siapa juga yang mau membeli es pada cuaca yang sangat dingin.

Ilustrasi diatas merupakan contoh memproduksi barang yang tidak efektif, apabila kita ingin memproduksi es batu, tentu waktu yang paling efektif adalah pada saat siang hari, dimana cuaca sangat panas dan bukan dimusim penghujan.

Maka dari itu, seorang produsen harus mampu memutuskan barang dan jasa apakah yang sebaiknya diproduksi? teknik produksi apa yang tepat untuk dipakai? bagaimana memproduksi barang secara efisien? Bagaimana memproduksi barang pada waktu yang tepat?


2. Masalah Distribusi


Masalah distribusi berhubungan dengan cara bagaimana menyalurkan barang dan jasa dari satu tempat ke tempat lain atau dari produsen hingga ke konsumen.

Distribusi sendiri merupakan kegiatan ekonomi yang bertujuan menyalurkan barang maupun jasa dari produsen sampai ke tangan konsumen.

Di dalam permasalah ini, kita tentu harus menentukan langkah-langkah apa saja yang harus diperhatikan agar barang atau jasa yang sudah diproduksi sampai pada tangan yang tepat atau yang membutuhkan.

Jalur distribusi juga sangat berpengaruh terhadap barang yang diproduksi, jalur distribusi yang panjang dapat mengakibatkan harga barang menjadi mahal atau bahkan sangat mahal.

Oleh sebab itu, seorang produsen harus memilih jalur distribusi yang tepat dalam menyalurkan barang dan jasa yang telah diproduksi agar sampai ke tangan konsumen, bisa lewat distributor, agen, pedagang grosiran, mall, atau jalur lainnya.


3. Masalah Konsumsi


Setiap kepentingan manusia dan masyarakat didesak oleh kebutuhan-kebutuhan atau kepentingannya dalam menentukan jenis barang-barang dan jasa yang hendak digunakan atau dikonsumsi.

Konsumsi sendiri merupakan kegiatan ekonomi yang mengurangi nilai guna suatu barang maupun jasa, atau juga dapat diartikan sebagai kegiatan menghabiskan atau memakai suatu produk (kebalikan dari produksi).

Di dalam permasalahan ini, terdapat dua kendala atau masalah yang akan dihadapi, masalah distribusi dan harga.

Pertama, apakah barang dan jasa tersebut sampai pada tangan yang tepat, dengan kata lain apakah barang atau jasa yang dihasilkan dapat dikonsumsi oleh orang-orang yang benar-benar membutuhkannya?

Kedua, apakah barang dan jasa tersebut dapat dijangkau oleh masyarakat, karena bisa saja barang atau jasa yang telah dihasilkan tidak dapat dikonsumsi karena harga barang atau jasa tersebut terlalu mahal.



Demikianlah penjelasan singkat tentang Macam-Macam Masalah Pokok Ekonomi Klasik, semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua...

Seorang pelajar yang hobi belajar dan bercita-cita menjadi orang terpelajar