Sabtu, 30 Maret 2019

Apa Makanan Tonggeret?

Apa Makanan Tonggeret? - Tonggeret adalah hewan pemakan tumbuh-tumbuhan atau yang lebih dikenal dengan herbivora.

Meski begitu, tonggeret bukanlah serangga hama yang biasa menyerang tanaman para petani, mereka lebih suka memakan cairan yang ada didalam getah pohon, lalu bagaimana tonggeret dapat mengambil cairan yang ada didalam pohon tersebut?

Seperti yang kita ketahui, serangga memiliki 4 jenis tipe mulut, yaitu tipe menggigit, menjilat, menghisap dan menusuk.

Nah, tonggeret memiliki mulut tipe menusuk (sama seperti nyamuk) yang cocok untuk mengambil makanan di tempat yang sulit, seperti didalam pohon, akar dan ranting pohon muda.

Apa Makanan Tonggeret?


Apa Makanan Tonggeret?

Jawaban atas pertanyaan ini tergantung pada tahap pengembangan tonggeret itu sendiri. Karena tonggeret merupakan serangga yang mengalami metamorfosis tidak sempurna, mereka hanya melewati tiga tahap perkembangan siklus hidup - dari telur, nimfa hingga dewasa.


Makanan Nimfa Tonggeret
Nimfa tonggeret tidak memakan daun atau batang tanaman; sebaliknya mereka memakan akar tanaman dan biasanya tidak menyebabkan kerusakan yang begitu nyata pada tanaman yang mereka makan.

Nimfa menggunakan mulut tipe menusuknya untuk menusuk akar dan menyedot cairan yang terletak di xilem tanaman.

Xilem adalah bagian dari tanaman yang berfungsi untuk mengangkut kelembaban dan nutrisi dari akar ke daun tanaman. Tonggeret dapat memperoleh nutrisi dari xilem berkat endosimbion bakteri yang hidup di usus mereka.

Nimfa tonggeret mungkin tidak secara langsung menyebabkan kerusakan pada tanaman, tetapi pertumbuhan tanaman dapat berkurang jika terdapat banyak nimfa yang memakan akar tanaman tersebut.


Makanan Tonggeret Dewasa
Sebagai serangga dewasa, mereka memakan cairan tanaman dari ranting pohon muda dan semak-semak kayu.

Berlawanan dengan pendapat umum, tonggeret dewasa tidak menyebabkan kerusakan tanaman yang serius dari aktivitas makan mereka, tetapi merusak tanaman sebagai akibat dari perilaku mereka memotong celah kecil di tanaman yang mereka gunakan untuk tempat menyimpan telur mereka.

Inang yang disukai tonggeret termasuk pohon-pohon seperti pohon ek, maple, willow dan spesies abu. Meski begitu,  tonggeret adalah pengumpan yang sangat oportunistik yang kemungkinan akan tertarik pada tanaman besar apa pun yang ada di dekat habitat nimfa mereka.


Sangat menarik untuk dicatat bahwa tidak semua tonggeret memakan getah pohon. Beberapa spesies ada yang memakan tebu, bahkan menjadi hama bagi tebu itu sendiri.

Tonggeret tebu coklat (Cicadetta crucifera) dan tonggeret tebu kuning, (Parnkalla muelleri) dari Australia memakan tanaman tebu dan menyebabkan kerusakan serius bagi tanaman tersebut.


Demikianlah artikel singkat tentang "Apa Makanan Tonggeret?" Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua, jika menurut kalian artikel ini menarik. Silahkan baca artikel lainnya...

Seorang pelajar yang hobi belajar dan bercita-cita menjadi orang terpelajar

2 komentar

Waw saya baru tau ternyata tongeret hérbivora, wkwkwk
Karna sejak kecil dibilang ibu saya kalo tongeret makannya angin. Ahahaha