Minggu, 10 Februari 2019

Klasifikasi dan Morfologi Lebah Kayu Lengkap

Lebah kayu adalah spesies lebah dalam genus Xylocopa dari subfamili Xylocopinae. Genus ini mencakup sekitar 500 spesies dalam 31 subgenera.

Klasifikasi ilmiah


Kerajaan: Animalia
Divisi: Euarthropoda
Kelas: Insecta
Ordo: Hymenoptera
Keluarga: Apidae
Subfamili: Xylocopinae
Suku: Xylocopini
Marga: Xylocopa


Nama umum "Lebah kayu" berasal dari perilaku bersarang mereka; dimana hampir semua spesies menggali bahan tanaman keras seperti kayu mati atau bambu. Pengecualian utama adalah spesies dalam subgenus Proxylocopa; mereka menggali terowongan bersarang di tanah yang cocok.

Ahli entomologi Prancis Pierre André Latreille mendeskripsikan genus ini pada tahun 1802. Ia memperoleh nama Xylocopa dari kata "Xylokopos" Bahasa Yunani Kuno / ξυλοκὀπος yang berarti "pemotong kayu".


Morfologi

Banyak spesies dalam genus yang sangat besar ini sulit dibedakan; kebanyakan spesies semuanya berwarna hitam.

Beberapa hanya berbeda dalam fitur morfologis yang halus, seperti detail genitalia pria. Jantan dari beberapa spesies berbeda membingungkan dari betina, yang ditutupi bulu kuning kehijauan.

Kebingungan spesies muncul terutama dalam nama - nama umum ; di India, misalnya, nama umum untuk semua spesies Xylocopa yang serba hitam adalah bhanvra, dan laporan serta penampakan bhanvra umumnya disalahartikan sebagai spesies Eropa, Xylocopa violacea;

Namun, spesies ini hanya ditemukan di wilayah utara Jammu, Kashmir dan Punjab, dan sebagian besar laporan tentang bhanvra, terutama di tempat lain di India, merujuk pada sekitar 15 spesies Xylocopa hitam lainnya di wilayah tersebut, seperti X. nasalis, X. tenuiscapa, atau X. tranquebarorum (X = Xylocopa).

Sebagian besar lebah kayu memiliki perut yang mengkilap, Jantan dari beberapa spesies lebah kayu memiliki wajah putih atau kuning, sementara perempuannya tidak memiliki corbicula, dan kaki belakang yang sepenuhnya berbulu.

Sayap depan memiliki stigma kecil. Ketika ditutup, mandibula pendek lebah menyembunyikan labrum. Jantan dari banyak spesies memiliki mata yang jauh lebih besar daripada betina, yang berhubungan dengan perilaku kawin mereka.

Di Amerika Serikat, terdapat dua spesies timur, Xylocopa virginica dan X. micans. Tiga spesies lagi terutama di wilayah barat, X. varipuncta , X. tabaniformis orpifex, dan X. californica.

Xylocopa virginica sejauh ini merupakan spesies yang lebih tersebar luas.

Seorang pelajar yang hobi belajar dan bercita-cita menjadi orang terpelajar

This Is The Oldest Page