Minggu, 17 Februari 2019

3 Variabel Utama Demografi

3 Variabel Utama Demografi - Variabel utama demografi adalah faktor yang paling berpengaruh terhadap perubahan komposisi penduduk seperti umur, jumlah, sebaran dan jenis kelamin.

3 Variabel Utama Demografi
3 Variabel Utama Demografi

Berikut kami sajikan 3 variabel utama dalam demografi, yaitu; Kelahiran, Kematian dan Migrasi.


1. Kelahiran (natalitas)

Kelahiran akan menambah jumlah penduduk. Tingkat kelahiran dipengaruhi oleh jumlah pasangan usia subur, pasangan usia subur berpotensi tinggi untuk melahirkan bayi.

Kelahiran yang masuk dalam hitungan penambahan penduduk yaitu bayi yang lahir dalam keadaan hidup. Status bayi yang dilahirkan ada dua, yaitu; bayi lahir hidup dan bayi lahir mati.

Bayi dikatakan lahir hidup apabila sewaktu lahir menunjukkan tanda-tanda kehidupan seperti bernafas, jantung berdetak, dan bergerak.

Apabila sewaktu lahir, bayi tidak menunjukkan tanda-tanda kehidupan diatas, maka bayi tersebut dinyatakan sebagai bayi lahir mati.


2. Kematian (mortalitas)

Tingkat kematian dipengaruhi oleh kualitas kesehatan dan kesejahteraan penduduk di suatu wilayah.

Kematian atau mortalitas sendiri dipengaruhi oleh 2 faktor utama, yaitu; faktor pendorong (promortalitas) dan faktor penghambat (antimortalitas).

Faktor penyebab mortalitas antara lain; tingkat kesehatan masyarakat yang rendah, fasilitas kesehatan yang kurang memadai, angka kecelakaan yang tinggi, bencana alam, peperangan serta wabah penyakit.


3. Migrasi (perpindahan penduduk)

Migrasi merupakan perpindahan penduduk dari suatu tempat ke tempat lain yang bertujuan untuk menetap dengan melewati batas negara (politik) atau batas administrasi (bagian dari negara).

Menurut PBB (perserikatan bangsa-bangsa), migrasi adalah suatu perpindahan tempat tinggal dari satu unit administrasi ke unit administrasi lain. Dikatakan migrasi jika minimal waktu tinggal penduduk disatu tempat yaitu enam bulan.

Indonesia sendiri memiliki wilayah yang beraneka ragam, sehingga mendorong penduduk melakukan migrasi menuju daerah potensial. Mingrasi penduduk ke daerah potensial tersebut dapat mendorong terjadinya pemusatan penduduk.

Pemusatan penduduk dipengaruhi oleh potensi alam, sarana dan prasarana transportasi, serta kondisi sosial ekonomi daerah tersebut. Lokasi strategis dan kondisi sumber daya manusia yang berkualitas juga mendorong terjadinya pemusatan penduduk.

Seorang pelajar yang hobi belajar dan bercita-cita menjadi orang terpelajar