Sabtu, 16 Februari 2019

Pengertian dan Definisi Demografi Lengkap

Pengertian dan Definisi Demografi Lengkap - Demografi (Bahasa Inggris: Demography), merupakan istilah yang berasal dari Bahasa Yunani, yaitu demos dan graphein.

Demos sendiri berarti rakyat atau bisa juga disebut penduduk dan graphein yang berarti menggambar atau menulis. Oleh karena itu, demografi dapat diartikan sebagai tulisan atau gambaran tentang kependudukan, terutama tentang kelahiran, perkawinan, kematian dan migrasi.

Pengertian dan Definisi Demografi Lengkap
- ayoksinau.com 
Demografi meliputi studi ilmiah tentang jumlah, persebaran geografis, komposisi penduduk, serta bagaimana faktor faktor ini berubah dari waktu kewaktu. Istilah ini pertama kali dikemukakan oleh Archille Guillard pada tahun 1855 dalam karyanya yang berjudul “elements de statistique humaine, ou demographie comparree” atau elements of human statistics or comparative demography (dalam Iskandar, 1994).


Pengertian Demografi Menurut Para Ahli :

1.      Menurut Johan Susczmilch (1762), demografi adalah ilmu yang mempelajari hukum Ilahi dalam perubahan-perubahan pada umat manusia yang tampak dari kelahiran, kematian dan pertumbuhannya.

2.      Menurut Achille Guillard, demografi adalah ilmu yang mempelajari segala sesuatu dari keadaan dan sikap manusia yang dapat diukur.

3.      Menurut George W. Barclay, demografi adalah ilmu yang memberikan gambaran menarik dari penduduk yang digambarkan secara statistika. Demografi mempelajarai tingkah laku keseluruhan dan bukan tingkah laku perorangan.

4.      Menurut Phillip M. Hauser dan Dudley Duncan, demografi adalah ilmu yang mempelajari tentang jumlah, persebaran teritorial dan komposisi penduduk serta perubahan-perubahan dan sebab-sebab perubahan tersebut.

5.      Menurut D.V. Glass, demografi adalah ilmu yang secara umum terbatas untuk mempelajari penduduk yang dipengaruhi oleh proses demografis, yaitu : fertilitas, mortalitas dan migrasi.

6.      Menurut Donald J. Boague (1973), demografi adalah ilmu yang mempelajari secara statistika dan matematika tentang besar, komposisi dan distribusi penduduk serta perubahan-perubahannya sepanjang masa melalui bekerjanya 5 komponen demografi, yaitu kelahiran (fertilitas), kematian (mortalitas), perkawinan, migrasi dan mobilitas sosial.

Dari beberapa definisi diatas, dapat disimpulkan bahwa demografi adalah ilmu yang mempelajari persoalan dan keadaan perubahan kependudukan manusia yang menyangkut kepadatan, lokasi, usia, jenis kelamin, ras, lapangan kerja dan data statistik lain.

Struktur penduduk meliputi jumlah persebaran dan komposisi penduduk. Struktur penduduk ini selalu berubah-ubah karena disebabkan oleh proses demografi yakni kelahiran (fertilitas), kematian (mortalitas) dan juga adanya migrasi penduduk.


Ruang Lingkup Demografi

Hubungan Demografi dan ruang lingkup demografi dengan Segmentasi Pemasaran keduanya sangat erat, mengenai demografis dengan segmentasi pemasaran adanya orang-orang dengan kebutuhan yang mengarahkan mereka pada tawaran produk atau jasa perusahaan.

Dalam segmentasi pasar, sasaran yang kuat/tepat dan penempatan pasar sangat berhubungan dengan demografis. Karena segmentasi pasa harus melihat demografis penduduk guna menentukan pemasaran mereka.

Misalnya dalam suatu organisasi ingin berhasil dalam pemasaran, perusahaan tersebut harus menganalisa terlebih dahulu demografis penduduk.

Variabel yang akan di gunakan sebagai segmentasi pasar sudah dijelaskan diawal yaitu usia, jenis kelamin, pekerjaan, penghasilan, pendidikan.


Tujuan Dan Penggunaan Demografi

Tujuan penggunaan demografi ada 4 yaitu:

1.      Mengembangkan hubungan sebab akibat antara perkembangan penduduk dengan bermacam-macam aspek organisasi sosial.

2.      Menjelaskan pertumbuhan masa lampau, penurunannya dan persebarannya dengan sebaik-baiknya dan dengan data yang tersedia.

3.      Mempelajari kuantitas dan distribusi penduduk dalam suatu daerah tertentu.

4.      Mencoba meramalkan pertumbuhan penduduk dimasa yang akan datang dan kemungkinan-kemungkinan konsekuensinya.


Variabel Demografi

Variabel utama demografi adalah faktor yang paling berpengaruh terhadap perubahan komposisi penduduk seperti umur, jumlah, persebaran dan jenis kelamin.

1) Kelahiran (fertilitas atau natalitas)
2) Kematian (death atau mortalitas)
3) Migrasi (perpindahan Pemduduk)
4) Jenis kelamin
5) Usia & Jumlah Penduduk
6) Penghasilan Penduduk
7) Agama yang dianut


Aspek Aspek Demografi

Berikut ini beberapa komponen aspek demografi yang berkaitan dengan demografi pada umumnya adalah:

1) Jumlah Penduduk
Jumlah penduduk merupakan jumlah warga yang perkapita menjadi acuan perhitungan demokrasi. Jika jumlah penduduk sangat tinggi maka pendapatan perkapita sangat tinggi. Walaupun pengeluaran perorangan sangat rendah.

2) Komposisi Penduduk
Komposisi terhadap tingkat konsumsi ada tiga, pertama makin banyak penduduk yang berusia kerja produktif 15-64 tahun rata-rata, dan makin besar tingkat konsumsi.

Sehingga semakin banyak penduduk bekerja, maka penghasilan juga makin tinggi pula. Yang kedua semakin tinggi pendidikan, maka semakin tinggi juga tingkat konsumsinya, sehingga saat seseorang makin tinggi pendidikannya maka kebutuhan hidupnya makin banyak pula.

3) Distribusi Penduduk
Distribusian atau penyebaran penduduk yang sangat berkaitan dengan aspek geografis tempat tinggal seseorang. Wilayah. Faktorny adalah geografis, ekonomi, sosial dan politik. Berbicara distribusi penduduk berarti akan berkaitan pula dengan pola pemukiman penduduk tersebut.

4) Faktor-faktor Non Ekonomi
Faktor ekonomi misalnya pola hidup sehat, kebiasaan makan, perubahan etika.

Seorang pelajar yang hobi belajar dan bercita-cita menjadi orang terpelajar